Aug 13

Fibroids

Apa Fibroids?
Fibroids adalah tumor yang tumbuh di uterus (rahim). Mereka jinak, yang berarti mereka tidak kanker, dan terdiri dari serat otot. Fibroid dapat sekecil kacang polong dan dapat tumbuh sebagai besar sebagai melon. Diperkirakan 20-50% wanita memiliki, atau akan memiliki, fibroids pada suatu saat dalam kehidupan mereka. Mereka jarang terjadi pada wanita di bawah usia 20, yang paling umum pada wanita berusia 30-an dan 40-an, dan cenderung menyusut setelah menopause.

SCAN0010

Meskipun penyebab pasti fibroids tidak diketahui, mereka tampaknya akan dipengaruhi oleh estrogen. Ini akan menjelaskan mengapa mereka muncul selama pertengahan tahun wanita (ketika tingkat estrogen yang tinggi) dan berhenti tumbuh setelah menopause (ketika tingkat estrogen turun).

Menurut penelitian US, fibroids terjadi sampai sembilan kali lebih sering pada wanita kulit hitam dibandingkan pada wanita kulit putih, dan cenderung muncul sebelumnya *. Alasan untuk ini adalah jelas. Juga wanita yang memiliki berat badan lebih dari 70 kg mungkin lebih cenderung memiliki fibroids. Hal ini diduga disebabkan oleh tingkat yang lebih tinggi dari estrogen pada wanita yang lebih berat.

Di masa lalu, pil kontrasepsi diduga meningkatkan risiko fibroids, tapi itu ketika pil mengandung tingkat yang lebih tinggi dari estrogen daripada yang dilakukannya hari ini. Beberapa studi menunjukkan bahwa pil baru gabungan (estrogen dan progestogen) dan pil Mini (progestogen saja) benar-benar dapat membantu mencegah atau memperlambat pertumbuhan fibroid. * Informasi ini didasarkan pada penelitian yang melibatkan perempuan kulit hitam Amerika dan Afrika. Koran-koran tidak mengidentifikasi latar belakang etnis yang lebih spesifik. Kami tidak menemukan penelitian serupa Inggris.

Jenis Fibroids
Fibroids dikategorikan oleh di mana mereka tumbuh di dalam rahim:
· Intramural
– Ini tumbuh di dinding rahim dan adalah jenis yang paling umum dari fibroids.

· Subserosa
– Fibroids ini tumbuh dari lapisan luar dinding rahim dan kadang-kadang tumbuh pada batang (disebut fibroid bertangkai). Fibroid subserosa dapat tumbuh menjadi sangat besar.

· Submucous
– Fibroids submukosa berkembang di otot di bawah lapisan dalam rahim. Mereka tumbuh ke dalam rahim dan juga dapat tumbuh pada batang yang, cukup jika panjang, dapat menggantung melalui leher rahim.

· Serviks
– Fibroids rahim tumbuh di dinding serviks (leher rahim) dan sulit untuk menghapus tanpa merusak daerah sekitarnya. Jika Anda memiliki fibroids, Anda mungkin memiliki satu atau banyak. Anda juga mungkin memiliki satu jenis fibroids atau beberapa jenis.

Gejala fibroids
Diperkirakan 75% dari wanita dengan fibroid tidak memiliki gejala, karena itu banyak wanita tidak tahu mereka memiliki fibroid. Apakah Anda memiliki gejala tergantung pada ukuran fibroid dan di mana mereka berada di dalam rahim Anda. Ini juga mempengaruhi jenis gejala Anda mungkin memiliki. Misalnya, fibroid kecil di dinding rahim Anda mungkin tidak akan menimbulkan masalah, sedangkan fibroid besar yang tumbuh keluar dari rahim Anda mungkin menekan kandung kemih, menyebabkan masalah kandung kemih.

Gejala yang paling umum dari fibroids adalah perdarahan menstruasi berat. Gejala lain termasuk sakit perut atau tekanan, perubahan kandung kemih dan usus pola dan, dalam beberapa kasus, infertility.Heavy menstruasi pendarahan (menorrhagia) perdarahan berat mungkin melibatkan banjir (semburan tiba-tiba darah), waktu yang lama atau melewati gumpalan besar darah. Perdarahan berat tidak selalu karena fibroids, tapi ketika itu, biasanya terkait dengan fibroids yang tumbuh ke dalam rahim (submukosa). Meskipun tidak jelas persis mengapa fibroids menyebabkan perdarahan, mungkin bahwa mereka meregangkan lapisan rahim, menciptakan lebih banyak lapisan untuk ditumpahkan selama periode.

Perdarahan berat bisa menyedihkan dan dapat membuat kegiatan setiap hari sulit. Anda akan perlu menggunakan perlindungan ekstra sanitasi dan mungkin akan perlu mengubah handuk atau tampon sering. Beberapa wanita dengan perdarahan berat merasa mereka perlu untuk tetap dekat toilet selama periode mereka. Hal ini dapat sangat membatasi aktivitas dan mungkin (kekurangan zat besi) frustasi atau tiring. Anaemia Beberapa wanita dengan fibroid dan perdarahan berat mengembangkan anemia akibat kehilangan darah. Anemia dapat membuat Anda merasa lemah, pusing dan lelah. Jika tes darah menunjukkan bahwa Anda mengalami anemia, tanyakan kepada dokter Anda tentang suplemen atau perubahan dalam diet Anda yang mungkin bisa membantu. Makanan seperti hati, sayuran berdaun hijau, buah kering dan bahkan anggur merah dapat membantu meningkatkan levels.Pain besi dan pressureSome wanita dengan fibroids mengalami periode yang menyakitkan, sakit kusam di paha mereka, nyeri punggung atau tekanan konstan di daerah perut yang terasa seperti kembung atau fullness.Pain selama periode Anda mungkin karena gumpalan besar darah mendorong melalui leher rahim Anda. Kram juga bisa disebabkan oleh kandungan mencoba untuk memaksa keluar fibroid submukosa yang tumbuh pada tangkai dalam rongga rahim.

Fibroids besar dapat membuat rahim besar dan tebal, yang dapat menyebabkan nyeri punggung bawah atau ketidaknyamanan panggul. Beberapa wanita dengan fibroid merasakan nyeri di paha mereka atau mengembangkan varises di kaki mereka. Hal ini terjadi ketika fibroid menjadi begitu besar mereka menekan saraf dan pembuluh darah yang meluas ke legs.Occasionally, fibroid dapat menyebabkan nyeri tiba-tiba parah di daerah panggul atau punggung bawah. Hal ini mungkin disebabkan oleh fibroid pada tangkai (bertangkai) yang telah menjadi bengkok. Ini Kinks pembuluh darah di tangkai dan memotong suplai darah ke fibroid. Jika Anda merasa sakit parah mendadak dan juga memiliki demam atau merasa sakit, Anda akan melihat dokter Anda.

Fibroids mungkin perlu dihapus atau dokter anda dapat merekomendasikan istirahat dan obat penghilang rasa sakit sampai nyeri berhenti sendiri. Nyeri saat sexFibroids yang menekan leher rahim atau menggantung melalui leher rahim ke dalam vagina dapat membuat seks penetratif menyakitkan dan juga dapat menyebabkan perdarahan saat berhubungan seks. Kandung kemih dan usus symptomsLarge fibroid subserosa (di bagian luar rahim) dapat menekan kandung kemih atau usus, menyebabkan satu atau lebih dari gejala berikut:

Kandung kemih
· Sering perlu untuk buang air kecil

· Bocor atau dribbling urine

· Kebutuhan mendesak untuk buang air kecil, sering melewati hanya sejumlah kecil

· Kesulitan atau ketidakmampuan untuk buang air – ini sangat serius dan Anda harus memberitahu dokter Anda karena Anda mungkin perlu perawatan mendesak. Sebuah tabung, yang disebut kateter, akan dimasukkan ke dalam kandung kemih Anda untuk mengosongkannya.

· Cystitis disebabkan oleh terperangkap urine yang menjadi usus yang terinfeksi

· Sembelit

· Hemoroid (wasir)

Leave a Reply