Keputihan adalah salah satu hal yang seringkali dialami pada wanita. Keputihan bisa disebut normal biasanya tidak berbau dan berwarna putih. Cairan putih yang keluar pada wanita biasanya di identikan kepada keputihan. Lalu bagaimana dengan jika Keputihan Berwarna Kuning dan Bau ?

Menurut tinjauan medis, pengertian keputihan biasanya diistilahkan dengan leukore/ leucorrehoea ataupun flour albus/ aliran putih. Leukore merupakan suatu bentuk vaginal discharge yaitu suatu kejadian keluarnya cairan berlebih namun bukanlah darah yang berasal dari vagina, sedangkan keputihan sendiri merupakan istilah lazim yang digunakan masyarakat umum untuk menyebut penyakit kandidiasis vaginal yang terjadi pada daerah kewanitaan.

Dalam istilah medis, keputihan bukanlah suatu jenis penyakit, namun sejatinya keputihan adalah suatu gejala terjadinya peradangan atau infeksi pada organ genital wanita. Masih menurut tinjauan medis, dikatakan bahwa keputihan itu sendiri sebenarnya terdiri dari dua golongan besar yaitu keputihan fisiologis dan keputihan patologis.

Pengertian keputihan fisiologis bisa diartikan sebagai suatu kejadian peningkatan jumlah dan volume cairan lendir pada dinding vagina yang dipicu oleh faktor hormonal dan biasanya tidak berwarna dan tidak berbau serta berfungsi sebagai pelumasan, sedangkan pengertian keputihan patologis adalah suatu kejadian keluarnya lendir atau cairan pada vagina dengan kondisi yang sangat tidak higienis dan dipicu oleh bakteri, kuman ataupun benda asing lain yang bisa menyebabkan suatu ketidakseimbangan hormonal dan derajat keasaman dalam organ genital wanita. Itulah beberapa pengertian keputihan yang berhasil dihimpun dari berbagai sumber.

Secara garis besar, bisa dikatakan bahwa pengertian keputihan ternyata memiliki perbedaan antara definisi umum menurut masyarakat dan definisi khusus menurut tinjauan medis.

Lalu adakah perbedaan signifikan antara keputihan normal dan Keputihan Berwarna Kuning dan Bau? Pernakah anda mengalami keputihan berwarna kuning dan bau?

Keputihan Berwarna Kuning dan Bau juga di alami sebelum dan sesudah haid. Biasanya keputihan ini berbusa, gatal, dan kadang nyeri di bagian lubang vagina serta keputihan yang jumlahnya sangat banyak. Vagina akan mengeluarkan cairan seperti nanah berwarna kuning kemerahan, terasa sangat gatal, bau amis, dan seperti ditusuk-tusuk di bagian lubang vagina.

Secara medis ini adalah gejala vaginitis yang berulang, dan ciri yang sekarang mirip dengan ciri infeksi oleh organisme trichomonas. Infeksi oleh trichomonas menyebabkan timbulnya gejala keputihan berwarna kuning kehijauan dalam jumlah yang banyak yang berbau tak enak, diiringi nyeri saat berkemih dan kemerahan, serta nyeri saat berhubungan intim bagi wanita yang telah menikah.

Kemungkinan lainnya adalah infeksi oleh jamur (semisal candida), atau vaginitis inflamatorik (tanpa penyebab yang jelas). Komplikasi yang cukup mengkhawatirkan dari vaginitis berulang dengan pengobatan yang tidak optimal, adalah infeksi organ-organ dalam panggul, yakni organ reproduksi wanita bagian atascseperti serviks, rahim, tuba fallopii, ovarium, dan jaringan pendukungnya, yang disebut dengan penyakit peradangan panggul (pelvic inflammatory disease).

Kondisi ini ditandai oleh nyeri perut bagian bawah, discharge (keluarnya cairan atau sejenisnya) dari vagina, pendarahan tak teratur diluar siklus menstruasi, dan jika berlangsung kronis, dapat menyebabkan infertilitas, nyeri panggul kronik, dan kehamilan ektopik (diluar rahim).

Untuk mengetahui penyebab tepatnya kondisi keputihan berwarna kuning, beserta pengobatan yang tepat (karena jenis pengobatan berbeda sesuai dengan diagnosis dan keparahan penyakit), disaran untuk para penderita untuk memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit dan kelamin, yang memang berkompeten menangani kondisi seperti ini.

Sangat dianjurkan kepada wanita untuk mengimbangi dengan pola hidup sehat dan BERSIH, hendaknya mempraktikkan hygiene daerah genital dengan baik: membasuh searah dari depan ke belakang saat buang air kecil, membersihkan dengan seksama namun menjauhi pembersih khusus vagina (vaginal douche), parfum atau spray di daerah tersebut, menghindari pemakaian pakaian dalam yang ketat dan tidak menyerap kelembaban. Begitulah sedikit info tentang Keputihan Berwarna Kuning dan Bau!

2 comments

Trackbacks and pingbacks

No trackback or pingback available for this article

Leave a Reply