Kanker serviks atau kanker leher rahim diberitakan sebagai penyebab kematian pada wanita no. 1 di Indonesia. Setidaknya setiap 2 menit ada 1 orang di dunia yang meninggal karena kanker serviks. Yuuukkk kita bahas sedikit penyebab dan gejala kanker serviks pada wanita.

kanker-serviks

Penyebab Kanker Serviks

1. Infeksi virus human papilloma (HVP)

Penyebab terbesar kanker leher rahim atau kanker serviks adalah infeksi HVP yang menular lewat hubungan seksual. Seorang wanita bisa terinfeksi virus ini pada usia belasan tahun dan baru diketahui mengidap kanker 20 – 30 tahun kemudian setelah infeksi kanker menyebar.

2. Hubungan seksual sebelum usia 20 tahun

Pada umur 12-20 tahun, organ reproduksi wanita sedang aktif berkembang. Idealnya ketika sel sedang membelah secara aktif, tidak terjadi kontak atau rangsangan apapun dari luar. Kontak atau rangsangan dari luar, seperti penis atau sperma, dapat memicu perubahan sifat sel menjadi tidak normal. Sel yang tidak normal ini kemungkinan besar bertambah banyak kalau ada luka saat terjadi hubungan seksual. Sel abnormal inilah yang berpotensi tinggi menyebabkan kanker mulut rahim.

3. Nikotin

Sel-sel mulut rahim yang teracuni oleh nikotin dalam darah juga memiliki kecenderungan mempengaruhi selaput lendir pada tubuh, termasuk selaput lendir mulut rahim yang dapat memicu abnormalitas sel pada mulut rahim. Kanker mulut rahim lebih tinggi pada wanita perokok.

4. Keputihan yang tidak segera diatasi bisa menimbulkan kemandulan, kematian, jangka panjang berpotensi kanker serviks.

Gejala Wanita terkena Kanker Serviks

1. Saat berhubungan intim merasakan sakit, bahkan sering diikuti oleh adanya pendarahan.

2. Mengalami keputihan yang tidak normal disertai dengan pendarahan dan jumlahnya berlebih.

3. Sering merasakan sakit pada daerah pinggul.

4. Mengalami sakit saat buang air kecil.

5. Pada saat menstruasi, darah yang keluar dalam jumlah banyak dan berlebih.

6. Saat perempuan mengalami stadium lanjut akan mengalami rasa sakit pada bagian paha/salah satu paha mengalami bengkak, nafsu makan menjadi sangat berkurang, berat badan tidak stabil, susah untuk buang air kecil, mengalami pendarahan spontan.

Ayooo girlssss….hidup sehat dan deteksi lebih dini rahim dan miss V kamu, karena kebanyakan wanita meninggal akibat kanker serviks yang salah satunya berawal dari menganggap remeh keputihan.

MAJAKANI KANZA SAHABAT KITA

Leave a Reply